tinggalkan jejak

Google Search

cari apa yang terpikirkan

Bajang-Bali's Fan Box

Bajang-Bali on Facebook
Senin, 15 Februari 2010

PostHeaderIcon Bersatu untuk Indonesia

Apa hubungan antara Kebersamaan dan Bangga Indonesia?

Koin untuk Bilqis Apabila anda bertanya demikian, berarti anda belum sepenuhnya mengetahui budaya yang ada di Indonesia. Kenapa demikian?

Saya kilas balik saat-saat dimana bangsa kita sedang dijajah. Hal itu terjadi beberapa tahun silam. Bangsa kita mengalami keterpurukan, masyarakat Indonesia tidak bisa berkembang diakibatkan segala kegiatan diatur oleh penjajah. Masyarakat Indonesia sangat miskin dan serba kekurangan. Penjajahan ini berlangsung sangat lama, sehingga membuat masyarakat Indonesia sengsara.

Kesengsaraan ini membangkitkan keinginan bangsa Indonesia untuk terbebas dari penjajah itu, sehingga mulailah tercipta berbagai macam perlawanan dari segenap bangsa Indonesia, dimulai dari perlawanan yang bersifat kedaerahan hingga perlawanan secara menyeluruh oleh seluruh bangsa Indonesia. Dengan bersatunya bangsa Indonesia akhirnya penjajah berhasil diusir dari tanah Indonesia. Jadi, hikmah yang kita dapatkan adalah bagaimana caranya Indonesia dapat membebaskan diri dari penjajah adalah dengan PERSATUAN, tanpa adanya persatuan, Indonesia masih berada dalam keterpurukan.

Peduli korban bencana alam Tanpa kita sadari sebenarnya Persatuan telah melekat pada jiwa setiap bangsa Indonesia yang secara implisit telah termuat dalam sila ke 3 dari Pancasila. Segala hal yang kita lakukan di Indonesia seluruhnya berdasar dengan Pancasila dengan kata lain kita telah menerapkan Persatuan di setiap kehidupan kita. Kita perhatikan, dalam segala kegiatan adat istiadat dan budaya, kita selalu menerapkan kebersamaan, dengan kata lain semua hal itu sesuai dengan sila Persatuan.

Namun akibat masa globalisasi, muncul rumor bahwa rasa persatuan tersebut telah hilang atau dengan kata lain terkikis habis. Masyarakat berpikir secara individual, namun, menurut saya itu adalah kabar burung.

Salah satu bukti bahwa nilai Persatuan masih ada di Negara kita adalah pada kasus yang terjadi beberapa waktu lalu adalah kasus Bilqis, seorang balita yang menderita atresia bilier. Ia sangat memerlukan cairan albumin untuk mengeluarkan cairan tubuhnya. Biaya yang begitu besar untuk transplasi hati (sekitar 1 M). sampai saat ini kedua orang tuanya sudah berusaha menggunakan berbagai macam terapi namum kondisi keuangan tdk memungkinkan utk transplant.

Di saat-saat seperti itu, ternyata dating uluran tangan dari seluruh pelosok negeri yang berusaha membantu Bilqis. Jumlah bantuan yang diterima pun tidak sedikit. Hal ini sebagai bukti bahwa Indonesia sampai saat ini masih mengedepankan kebersamaan dan persatuan dalam segala tindakan yang dilakukannya.

Mengetahui hal itu, selanjutnya apa yang harus kita lakukan?
Ini adalah satu contoh untuk kita agar kita selalu mengedepankan rasa persatuan dan kebersamaan di kehidupan kita, terutama karena kita bangsa Indonesia. Bangsa yang selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kehidupannya. Dan yang dapat kita lakukan adalah saling peduli, peduli pada teman, peduli pada orang lain, peduli pada keluarga, dan peduli pada bangsa. Dan begitu pula dengan kami.

Mengapa kami peduli?
Karena kami Bajang-Bali, dan kami cinta Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Tag Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner